Tips Dan Trik Cepat Membersihkan Keyboard Gaming

Tips Dan Trik Cepat Membersihkan Keyboard Gaming

Nusantara - Tips Dan Trik Cepat Membersihkan Keyboard Gaming. Keyboard menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari peralatan wajib seorang gamer, salah satunya gamer yang lebih memilih Keyboard Gaming.

Namun tentu saja ancaman debu dan kotoran tidak bisa dihindari, untuk memastikan keyboard tetap nyaman dan handal ketika digunakan. Karakter keyboard untuk gaming tentu berbeda dengan keyboard biasa terutama keyboard mekanikal. Ada yang harus diperhatikan klikers saat membersihkan keyboard jenis mekanik.

Keyboard Gaming

Cabut USB Keyboard


Sebelum membersihkan keyboard pastikan klikers sudah mencabut kabel USB yang terhubung dengan PC/laptop karena akan berbahaya jika aliran listrik tetap menyala ketika klikers membersihkan keyboardnya.

Setelah mencabut USB klikers bawa keyboard-nya ke tempat yang luas dan aman dari gangguan karena ruangan yang luas akan lebih leluasa dalam membersihkannya.

Cabut Keypad Keyboard


Bersihkan keyboard agar lebih mudah cabut terlebih dahulu keycap yang ada di keyboard klikers. Pakai tools cap puller untuk melepasnya, atau jika sudah terbiasa bisa pakai jari telunjuk dan jempol. Hati-hati melepasnya agar stem tidak patah bahkan bisa menjadi longgar.

Bersihkan ruang yang besar seperti sekitar numpad kanan dan selanjutnya bergerak ke bagian enter dan terakhir esc. Lalu balikan keyboard dan perlahan buang debu yang terselip di dalam sela-sela keyboard.

Bersihkan Dengan Kain Lembut


Banyak noda seperti flek debu, minyak, dan kotoran lainnya yang mengendap. Agar bisa kinclong lagi, klikers bisa menggunakan cairan soda untuk membersihkannya. 

Keycap yang dilepas tadi rendam dalam cairan soda sekitar 30 menit, lap dan keringkan keycap hingga benar-benar kering. Setelah dirasa bersih dan kering, pasang kembali keycap pada keyboard. Hindari cairan masuk dalam keyboard agar tak terjadi konsleting.

Vacuum Cleaner


Vacuum cleaner pembersih keyboard dijual terpisah dan banyak ditemui di toko elektronik, toko online, toserba. Harganya pun cukup murah hanya sekitar 20rb. Cara ini bisa dihubungkan dengan PC sambil terhubung dengan menyambungkannya dengan port USB.

Bersihkan dengan perlahan hingga sela-selanya pastikan kabel tidak terlilit dan debu menjadi terangkat.Klikers juga bisa menggunakan sapu kecil lembut untuk membersihkannya.

Memberi Pelindung Keyboard


Pelindung keyboard untuk jaga-jaga apabila debu, kotoran, dan tangan jahil yang akan merusak keyboard klikers. Agar setiap pembersihan keyboard tidak terlalu ribet ketika klikers membersihkannya.

Setelah langkah diatas dilakukan sobat klikers minimal membersihkannya rutin seminggu sekali tidak memakan waktu lama kok paling hanya sekitar 10 menit saja.
Tips Dan Trik Cepat Membersihkan Keyboard Gaming Tips Dan Trik Cepat Membersihkan Keyboard Gaming Reviewed by Admin on Desember 25, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar