Makanan Khas Tradisional Aceh Yang Wajib Kamu Cobain

Makanan Khas Tradisional Aceh Yang Wajib Kamu Cobain

Nusantara - Makanan Khas Tradisional Aceh Yang Wajib Kamu Cobain,. Provinsi Aceh berada di ujung kulon Indonesia yang pernah gempar akibat bencana tsunami pada tahun 2004. Tetapi, tragedi yang melanda tidak membuat rakyat Aceh menderita. Sehingga mereka sekarang terus berusaha untuk bangun dan melangkah lebih maju.

Daerah yang terkenal dengan sebutan serambi mekah ternyata memiliki banyak sekali keindahan alam yang mengagumkan. Tidak hanya pantainya dan pulau-pulau yang indah, ternyata kota serambi mekah ini memiliki banyak makanan atau kuliner asli dari Aceh.

Ingin tau makanan khas Aceh yang bikin ngiler? Berikut adalah makanan khas Aceh yang menarik untuk dibahas.
  • Mie Aceh, Makanan Khas Aceh
Mie Aceh, Makanan Khas Aceh

Orang Indonesia pasti tidak asing dengan masakan mie. Mie Aceh salah satunya, makanan yang menarik dari Aceh, dapat kita icipi dengan dua cara, yaitu dengan di goreng atau juga dengan kuah.

Untuk masalah rasa pedas atau tidak itu sesuai dengan selera kita masing-masing. Agar tidak bosan , mie aceh dapat di sajikan dengan beberapa variasi lauk mulai dari sejenis seafood atau daging.
  • Sate Matang
Sate Matang

Sate Matang adalah makanan khas Aceh berisikan daging kambing atau daging sapi yang diungkep dengan bumbu khas Aceh kemudian di bakar. Sate Matang paling sedap dimakan dengan kuah soto yang kaya akan bumbu-bumbu istimewa.

  •  Kuah Pliek U
Kuah Pliek U

Kuah Pilek U merupakan makan khas yang melambangkan keeratan dan keberagaman, dalam masyarakat Aceh yang tertuang dalam satu kuali, sehingga memunculkan suatu rasa yang tersendiri. Kuah Pilek U merupakan cara penyaluran hasil bumi dari daerah Aceh. Makanan ini wajib Anda santab bila Anda berkunjung ke Aceh.
  • Gulai Kambing
Gulai Kambing

Ada rasa yang tersembunyi dalam Gulai Kambing khas Aceh, karena di masak dengan bumbu asli khas Aceh. Gulai Kambing in dimasak dalam kuali yang besar dan dalam penyajianya selalu dalam keadaan panas, dengan daging kambing yang empuk serta tidak beraroma kambing lagi.
  • Kuah Masem Keu-eung, Masakah Khas Aceh
Kuah Masem Keu-eung, Masakah Khas Aceh

Masakan Masam Keu-ueng tidak hanya bisa Anda dapatkan di Aceh saja, tapi hampir seluruh penjuru Indonesia juga ada dengan nama yang tidak sama. Bagi masyarakat Aceh memiliki makna masam pedas yang cocok dengan lidah bangsa Indonesia.
  • Kuah Sie Itek
Kuah Sie Itek

Masakan selanjutnya adalah olahan dari itik atau bebek, tapi cara mengolahnya dengan cara yang berbeda dan resep yang diwariskan turun-temurun dari para pendahulu atau leluhur masyarakat Aceh. Bahkan hingga sekarang banyak restoran yang menyajikan makanan satu ini.
  • Ayam Tangkap, Kuliner Khas Aceh
Ayam Tangkap, Kuliner Khas Aceh

Ayam Tangkap Merupakan olahan daging ayam yang di cincang kecil-kecil yang ditumpuk dengan daun teumuru dan cabai hijau serta ditaburu bawang goreng. Ketika Anda makan kuliner yang satu ini Anda bisa harus mencari ayam yang terselimuti oleh daun teumuru.
  • Rujak Aceh
Rujak Aceh

Rujak Aceh merupakan makanan khas dengan cita rasa yang berbeda dari rujak yang lain. Rujak Aceh berisikan buah rumbia Aceh yang disiram dengan saus rujak, Rujak Aceh sangat lezat bila dinikmati dalam keadaan dingin ditambah lagi dengan es serut, sangat cocok di makan saat cuaca panas.
  • Martabak Aceh
Martabak Aceh

Berasal dari daerah yang berbeda, Martabak Aceh pastinya bercita rasa yang berbeda pula dengan martabak yang ada di sekitar Anda. Dalam pembuatannya berbahan roti cane sebagai lapisan luar, bertambah dengan taburan bawang merah, cabai ijo, dan di lengkapi dengan kuah sambal. Martabak Aceh sangat lezat bila disantap bersama keluarga waktu menjelang malam hari.
  • Ungkot Kemamah, Makanan Khas Aceh
Ungkot Kemamah, Makanan Khas Aceh

Ungkot Kemamah adalah masakan khas Aceh dengan cita rasa yang menantang. Bahan bakunya adalah ikan tuna yang dikeringkan dan kemudian dicincang.

Ikan kemamah ini bisa dimasak dengan bahan masakan seperti santan kelapa, cabai hijau, kantang dan bahan masakan yang lainya. Sejak zaman perang melawan Belanda dulu, Ungkot Kemamah merupakan masakan yang sudah popular karena cara masak yang berbeda.
  • Kopi Aceh
Kopi Aceh

Aceh dari dulu memang terkanal dengan penghasil kopi terbesar di Indonesia, dengan cita rasa yang khas dan aroma kopi yang kuat sebagai cirri khas Kopi Aceh Gayo. Setiap kopi pada dasarnya sama yang membedakan adalah cara pengolahanya.

Kopi Aceh mengandung antitoksin yang dapat menambah stamina dalam tubuh dan mengencangkan kulit.
  • Sanger, Minuman Khas Aceh
Sanger, Minuman Khas Aceh

Sanger juga merupakan kopi khas Aceh. Campuran kopi hitam, susu kental manis dan gula. Sanger memang mrip dengan kopi susu di cafe-cafe. Tapi jangan salah Sanger sangat berbeda dari kopi pada umumnya karena tak semua orang mampu membuat Sanger.

Pada saat kopi diseduh dengan saringan dari kain berbentuk kerucut, kemudin ditambah dengan susu kental dan sedikit gula. Itulah yang membedakan kopi Sanger dngan kopi biasa.
Makanan Khas Tradisional Aceh Yang Wajib Kamu Cobain Makanan Khas Tradisional Aceh Yang Wajib Kamu Cobain Reviewed by Admin on Desember 11, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar