Wisata Di Aceh yang Mempesona Dan menarik Dikunjungin

Wisata Di Aceh yang Mempesona Dan menarik Dikunjungin

Nusantara -  Wisata Di Aceh yang Mempesona Dan menarik Dikunjungin. Apa yang terbayang di benak anda ketiak mendengar nama Aceh? Kota Serambi Mekkah ini merupakan provinsi paling Barat Indonesia dan paling utara di pulau Sumatera. Provinsi Aceh memiliki banyak sekali potensi, dari potensi alam, wisata, budaya, sumber daya manusia sampai sejarahnya yang sangat panjang dan brilian.

Dahulunya Aceh merupakan sebuah Negara sendiri yang bergabung dengan kesultanan Turki Ustmani, dan hingga kini masih terjalin kedekatan antara kedua wilayah ini. Provinsi dengan jumlah penduduk 4,5 juta jiwa ini memiliki banyak sekali pantai yang indah. Peristiwa yang dahsyat pernah terjadi di Aceh, yaitu Tsunami pada 2004 lalu. Nah, anda bisa melihat museum tsunami yang kini menjadi salah satu tempat wisata di Aceh yang ramai dikunjungi.

Selain Museum tsunami, masih ada banyak sekali tempat wisata di Aceh yang menarik untuk kita explore. Ada banyak pantai yang indah, air terjun yang asri, tempat untuk diving yang tidak kalah dengan Indonesia Timur, dan masih banyak lagi tempat wisata di Aceh yang tidak boleh kita lewatkan saat liburan tiba.

TEMPAT WISATA DI ACEH YANG SAYANG UNTUK DILEWATKAN
Berikut ini Tempatwisataseru rangkum beberapa tempat wisata di Aceh yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi saat liburan ke wilayah yang memiliki otonomi khusus ini:

  • MUSEUM TSUNAMI
MUSEUM TSUNAMI

Tempat wisata di Aceh yang pertama adalah Museum Tsunami yang menjadi tempat untuk mengenang peristiwa yang memilukan pada 2004 silam. Ratusan ribu orang tewas dan hilang, rumah porak-poranda, bangunan sekolah dan fasilitas umum rusak. Betapa peristiwa ini sangat memilukan bukan hanya bagi Indonesia, tapi bagi muslim sedunia.

Untuk anda yang mau berkunjung ke museum ini silahkan datang aja ke Jalan Sultan Iskandar Muda No. 3, Sukaramai, Baiturrahman, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23243.

Berikut ini adalah beberapa ruangan yang akan dilalui ketika berada di Museum Tsunami Aceh :
  • Lorong tsunami
Fasilitas pertama yang bisa anda lihat adalah lorong tsunami dimana di lorong tersebut anda bisa mendengar suara gemuruh air dan kucuran air yang mengingatkan tentang datangnya tsunami kala itu. Cahaya di lorong museum tsunami remang dan juga gelap, lorong itu juga sembab. Lorong itu disebut dengan space of fear yang menggambarkan ketakutan dari masyarakat Aceh ketika tsunami datang.

  • Ruang kenangan 

Ruangan yang kedua adalah ruangan kenangan yang penuh dengan memori, disini ada 26 monitor yang menjadi lambang bahwa kejadian tsunami itu terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Setiap monitor akan menampilkan foto dan gambar orang yang menjadi korban dari tsunami. Tampilan dan gambar tersebut akan disajikan di dalam monitor dalam bentuk slide.
  • Sumur doa
Anda juga bisa melihat sumur doa yang memiliki bentuk silinder dan cahayanya remang. Tinggi dari ruangan itu 30 meter dan ada 2 ribu lebih nama yang menjadi korban dari bencana tsunami. Nama itu tertulis dan tertera dalam setiap dinding sumur doa tersebut. Filosofi dari ruang ini adalah kuburan masal yang ada setelah tsunami. Pengunjung yang masuk ke ruangan ini dianjurkan untuk berdoa sesuai dengan agama yang dianutnya.

  • Lorong cerobong

Setelah melihat-lihat sumur doa, kita bisa melihat lorong cerobong yang didesain dengan lantai yang berkelok-kelok dan lantai yang tidak rata. Arti dari desain ini adalah menggambarkan ketakutan, kebingungan dan keputus asaan yang dialami oleh masyarakat Aceh setelah tsunami melanda. Masyarakat banyak yang bingung dengan arah yang akan diambilnya, kebingungan ketika mencari beberapa sanak saudara yang hilang, kebingungan karena kehilangan berbagai macam harta benda yang dimilikinya. Ruangan ini juga didominasi oleh lorong gelap yang nantinya akan membawa pengunjung menuju ke cahaya alami yang memiliki filosofi berupa harapan dalam kehidupannya.
  • Jembatan harapan
Nah, setelah melewati semua itu, ada sebuah ruangan yang dinamai jembatan harapan. Disini anda bisa melihat tegaknya 54 bendera dari 54 negara yang ikut bersosialisasi dalam membantu masyarakat Aceh yang terkena tsunami. Di beberapa bendera yang ada di sana bertuliskan dengan kata “Damai” dimana ditulis berdasarkan dengan bahasa negara masing-masing. Kata damai itu merupakan refleksi dari perdamaian dari Aceh dari berbagai macam peperangan dan konflik yang terjadi sebelum tsunami menerjang. Adanya bencana gempa dan juga tsunami yang terjadi di Aceh dunia bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi Aceh saat itu dan negara itu membantu mewujudkan perdamaian yang ada di Aceh. Mereka juga turut serta dalam membangun kembali kota Aceh setelah bencana tsunami terjadi.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menyambangi museum tsunami ini? Museum tsunami ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Aceh yang akan dikunjungi saat liburan kesini.
  • PULAU RUBIAH
PULAU RUBIAH


Tempat wisata di Aceh selanjutnya adalah Pulau Rubiah yang lebih tepatnya terletak di Sabang, di sebelah barat laut Pulau Weh. Pulau ini dinamai Pulau Rubiah ini didasarkan pada nisan yang ada di pulau ini. Di Pulau ini anda bisa melakukan aktivitas diving dan snorkeling seru disini. Keindahan bawah laut pulau Rubiah ini sangat menakjubkan, dimana terdapat 14 dari 15 biota laut yang saat ini dilindungi di Indonesia. 

Keindahan aneka ikan tropis dan  indahnya terumbu karang yang berwarna warni bisa kita nikmati di bawah laut pulau Rubiah ini. Khusus untuk anda pasangan pengantin baru, disini anda bisa berbulan madu yang tidak akan terlupakan. Bulan Madu anda pasti akan berbeda dan akan terkenang seumur hidup.
  • PANTAI IBOIH
PANTAI IBOIH

Selain Pulau Rubiah, anda juga bisa mengunjungi pantai Iboih yang keindahannya sangat fenomenal. Bahkan pantai Iboih ini merupakan pantai yang paling indah di Aceh.
Keindahan pantai ini berupa pasir pantainya yang putih dan halus serta air pantai Iboih berwarna hijau Toska atau biru cerah, sangat menyenangkan bila bisa berlama-lama di pantai ini.
Pantai yang sangat indah bak ‘syurga’ ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh pasangan pengantin baru untuk berbulan madu. Suasana yang tenang dan asri membuat hati kita menjadi tentram. Dunia akan serasa milik kita berdua.

Anda juga bisa menikmati keindahan biota laut di Pantai ini. Aktivitas snorkeling dan diving bisa anda lakukan disini, bahkan tanpa diving pun anda sudah bisa menikmati keindahan bawah laut pantai ini, karena memang airnya yang sangat bening.
Dijamin anda akan betah berlama-lama di pantai ini. Pantai Iboih terletak di tepi barat Pulau Weh. Tepatnya di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Sabang, Provinsi Banda Aceh.
  • MASJID RAYA BAITURRAHMAN
MASJID RAYA BAITURRAHMAN


Masjid Raya Baiturrahman menjadi tempat wisata di Aceh selanjutnya. Masjid yang sudah mulai dibangun sejak 1612 ini menjadi destinasi wisata religi yang tidak boleh anda lewatkan.
Masjid ini ketika peristiwa tsunami yang lalu menjadi salah tempat masyarakat untuk berlindung. Masjid yang sangat bersejarah bagi masyarakat Aceh ini dibangun oleh Sultan Aceh kala itu yaitu Sultan Iskandar Muda. P

Kini masjid Raya Baiturrahman ini menjadi ikonnya wisata kota Aceh. Bangunan utama masjid ini berwarna putih dengan kubah berwarna hitam. Bangunan utama masjid itu akan dikelilingi oleh tujuh menara yang juga memiliki kubah hitam di atasnya. Adanya kolam besar disertai dengan pancuran air di depan masjid bisa menambahkan kesan akan kemegahan dari masjid ini.
  • PANTAI LHOKNGA
PANTAI LHOKNGA



Pantai Lhoknga menjadi tempat wisata di Aceh selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, air yang bening serta pasir pantai yang putih bersih.
Pantai ini cukup dekat dengan kota Banda Aceh, dengan hanya menempuh jarak sekitar 20 km kita bisa mencapai pantai ini dari Kota Banda Aceh. Yang menarik dari pantai ini adalah air pantainya yang berwarna biru dan berwarna hijau toska.

Pantai Lhoknga memiliki bibir pantai yang cukup landai sehingga bisa dijadikan tempat untuk melakukan berbagai olahraga pantai ataupun bermain pasir sepuasnya. Dan lagi, wisatawan yang datang juga berselancar di pantai ini karena ombak di pantai ini cukup menantang, bisa mencapai 1,5 – 2 meter.

Menjelang sore anda bisa melihat pemandangan Pantai Lhoknga yang indah. Ada sunset yang indah dan bisa dilihat di pantai ini. Karena keindahan sunsetnya tidak jarang saat sore hari pantai ini selalu ramai oleh pengunjung.
  • RUMAH CUT NYAK DIEN
RUMAH CUT NYAK DIEN

Rumah cut nyak dien bisa anda jadikan sebagai destinasi wisata sejarah di Aceh, apalagi kalau anda liburan bersama anak-anak, mengenalkan sosok pahlawan sangat penting agar tumbuh rasa cinta terhadap perjuangan pahlawan dan bangsa.
Cut nyak dien sangat terkenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan penjajah Belanda di bumi serambi mekkah.

Di Museum ini wisatawan bisa melihat arsip-arsip perjuangan beliau dalam perjuangannya mengusir penjajah Belanda. Namun sayangnya rumah tersebut hanya replika karena rumah aslinya telah terbakar di tahun 1896. Ada bagian yang masih asli diantaranya adalah sumur tinggi dimana bibir sumur itu bisa sampai ke lantai dua Rumah Cut Nyak Dien. Meski hanya replika anda akan tetap menemukan nilai positif saat berada di tempat ini.
  • TUGU NOL KILOMETER
TUGU NOL KILOMETER


Tugu Nol Kilometer menjadi salah satu tempat wisata di Aceh yang tidak boleh anda lewatkan. Biasanya mereka yang berkunjung ke Aceh menyempatkan untuk selfie-selfie di tugu ini sebagai kenang-kenangan bahwa mereka sudah menginjak titik nol Indonesia.
jadi, kurang lengkap rasanya kalau liburan ke Aceh tapi belum selfie di dengan background tugu ini. Lokasi tugu berada di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh.

Jarak antara tugu nol kilometer dan Kota Sabang adalah sekitar 29 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 55 menit dengan menggunakan kendaraan motor.
Siapkan pose terbaik anda di titik ini.
  • PANTAI LAMPUUK
PANTAI LAMPUUK

Pantai Lampuuk menjadi tempat wisata di Aceh selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan. Pantai ini memiliki keindahan yang tidak kalah dari pantai – pantai Bali.
antai Lampuuk ini juga disebut sebagai pantai Kuta Aceh. Pantai Lampuuk sendiri memiliki garis pantai yang panjang, yaitu sekitaar 5 km  dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing karang di ujung pantai. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini mulai dari berselancar, berjemur, berenang dan juga bermain banana boat.

Selain aktivitas di pantai, anda juga bisa kegiatan pelestarian penyu di pantai ini. Anda bisa ikut melepas tukik ke laut lepas. Jika belum puas menikmati Pantai Lampuuk dalam sehari, Anda bisa menginap di cottage yang ada di kawasan pantai. Selain bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini, Anda juga bisa memuaskan perut dengan aneka sajian ikan bakar di warung-warung sekitar pantai. Pantai Lampuuk berada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar. Harga tiket masuk adalah 3.000 Rupiah.
  • PANTAN TERONG
PANTAN TERONG

Jika anda ingin menikmati keindahan Aceh Tengah dari ketinggian, anda bisa mengunjungi Pantan Terong yang merupakan bukit yang biasa digunakan untuk melihat keindahan Aceh Tengah dari atas. Tempat wisata ini berada di ketinggian 1830 meter di atas permukaan laut. Jangan lupa membawa jaket dan baju hangat karena udaranya cukup dingin.
Wisata Di Aceh yang Mempesona Dan menarik Dikunjungin Wisata Di Aceh yang Mempesona Dan menarik Dikunjungin Reviewed by Admin on Desember 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar